JASA PEMBUATAN KAOS DAN SEJARAH BISNIS KONVEKSI

Jasa Pembuatan Kaos distro, promosi dan polos tidak bisa terlepas dari sejarah usaha konveksi.

Pada awal mulanya, sejarah bisnis konveksi berdiri di dasari karena kaos merupakan kebutuhan dasar manusia untuk menutupi bagian tubuh yang vital. Orang akan selalu mencari  dan mencari kaos dengan berbagai model dan variasi yang paling pas untuk dikenakan, sehingga para pengusaha juga tidak kalah pandai untuk memanfaatkan kebutuhan manusia yang paling dasar tersebut. Oleh karena itu, ada hubungan timabl balik antara produsen (pengusaha) dan konsumen (peminat) kaos sehingga banyak muncul bisnis konveksi hingga sampai saat ini.
Konvenksi pada mulanya dibangun dengan sederhana, mulai dari usaha kecil-kecilan dengan modal beberapa mesin jahit – karena dapat dijangkau dengan harga murah – dan dapat meniti usaha konvenksi di bagian rumah yang tidak terpakai, seperti garasi, gudang, dan bagian belakang rumah. Usaha konveksi yang dimulai dengan modal yang sangat minimalis terbukti di Indonesia sampai saat ini masih eksis.
Usaha konveksi memang berbeda dengan usaha garmen yang cenderung bermodal besar dan mempunyai bangunan tersendiri dengan ratusan bahkan ribuan pegawai yang siap dengan bagian masing-masing. Berbeda dengan konveksi, usaha garmen mempunyai skala yang besar dan pemasaran yang yang luas hingga sampai luar negeri. Akan tetapi, usaha konveksi dengan alat yang sederhana juga tidak kalah eksis dengan usaha garmen yang mempunyai alat-alat yang berharga ratusan juta.
Selain perbedaan alat yang dipakai dalam bisnis konveksi, pegawai garmen biasanya mempunyai bagian-bagian sendiri dalam mengerjakan bahan, misalnya ada yang bekerja di bagian cutting, jahit, ada juga di bagian penyortiran barang jadi, sehingga tidak heran jika bisnis garmen menyerap banyak tenaga terutama tenaga perempuan. Dalam usaha konveksi, biasanya setiap pegawai mempunyai bagian kerja secara menyeluruh, misalnya satu pekerja menyelesaikan bahan sampai menjadi pakaian atau kaos jadi sehingga membutuhkan tingkat ketelitian lebih tinggi daripada yang bekerja di garmen. Selain itu, dalam jumlah pemesanan, jika seorang konsumen akan memesan kaos atau pakaian dalam jumlah yang ekonomis atau tidak sampai ribuan, konsumen tidak dapat memesan di garmen karena di garmen tingkat produksi sudah tinggi (dapat mencapai ribuan), maka akan rugi pihak garmen jika mereka memproduksi secara ekonomis. Nah, disinilah peran konveksi untuk menampung kebutuhan konsumen yang memang hanya ingin memesan kaos dalam jumlah ekonomis.
Konveksi di Indonesia, mulai banyak dilirik oleh pengusaha maupun remaja yang ingin membuka usah di bidang kaos ini. Hal itu terbukti dengan munculnya berbagai usaha konveksi dengan nama yang menarik dan iklan promosi yang bervariasi sehingga konsumen akan tertarik dan memesan kaos dengan jumlah yang semakin lama semakin besar. Hal itu dapat dilihat semakin menjamurnya bisnis konveksi, terutama konveksi yang di gawangi oleh anak-anak muda. Bisnis konveksi yang digawangi oleh anak-anak muda semakin hari semakin berkembang,, bahkan ada beberapa yang sudah mendirikan outlet untuk mendsiplay hasil kinarja mereka.
Bisnis konevksi yang awalnya didasari dengan kebutuhan manusia akan bahan yang dapat menutupi bagian vital mereka, ternyata hingga saat ini menjadi sebuah bisnis yang menjanjikan bagi  siapa saja yang ingin memulainya. Cukup dengan modal yang terjangkau dan selektif memilih pegawai, kita sudah memulai selangkah lebih maju dalam mengembangkan bisnis konveksi.

Jasa Pembuatan Kaos distro, Amanah garment solusinya.